Rancang Rencana

Ini bukan bentuk keluhan
Ini cuma mencoba merayakan kegagalan
Agar hati lebih lapang
Agar jiwa lebih tenang
Agar sabar lebih dalam
Dan agar syukur lebih luas

----

Jadi, sebagai mahasiswa tingkat akhir, hal yang paling mengganggu pikiran tentu saja adalah skripi atau tugas akhir. Emang bener, skripsi ini sering bikin kepikiran dimana-dimana. 

Lagi streaming koreaa, inget proposal belum kelar
Lagi baca buku, kebayang jurnal yang belum di review
Merasa bersalah terus aja gitu kalau bisa leha-leha sementara skripsi ga berprogress.

Mirip pacar posesif yang tiap hari minta dikabarin (halah, kayak pernah punya pacar aja)

Skripsiku agak drama gitu diawal

Aku udah punya rencana banyak banget sejak semester 5
Ingin kuliah lagi sehabis lulus. Kuliahmya pengen pake beasiswa dan kalau bisa di luar negeri gitu. Persiapannya kalau bisa sih sedini mungkin. Biar kalau udah lulus tinggal eksekusi dan ga lama nganggurnya.

Udah survey beasiswa dan kampus
Udah ngelist syarat-syaratnya
Bahkan ikut banyak lomba biar nanti bisa meyakinkan sponsor beasiswa kalau aku layak buat jadi salah satu awardee.

Tentu saja juga punya target lulus kuliah
Target ini bahkan disesuaikan sama timeline beasiswanya

Sejak semester 5 aku juga udah mempersiapkan diri akan banyak kemungkinan terburuk. Ujian orang skripsi itu ada aja katanya. Mulai dari yang bisa diprediksi sampai yang dibayangin aja ga pernah. Aku pernah baca cerita tuh, ada senior yang udah setengah jalan eh tiba-tiba pembimbingnya berangkat Phd ke Belanda, kebijakan kampus bikin dia harus ngurus semuanya dari awal. Atau yang udah sampe ujian tapi ga lulus padahal pembimbingnya udah killer banget. Makanya nanya kapan lulus ke mahasiswa akhir tuh nyaris haram hukumnya, kamu ga tau berdarah-darahnya dia berjuang. Ujian orang beda-beda. Kita ga bisa mengukur orang lain dengan ukuran kita. 

Makanya kukira aku akan biasa aja dan siap siap aja dengan apapun yang bakalan terjadi nanti. Ternyata engga juga. Semua teori itu nol besar kalau kita bener-bener udah ngerasain ujian sebenernya.

Aku nih contohnya.

Nyaris dua bulan sejak acc judul aku belom bisa bimbingan :")
Perihalnya sederhana tapi fatal : sk belum turun. Pengajuan ini udah aku submit sejak 6 minggu yang lalu. Iya. Enam minggu. Sementara jurusan tetangga, ga nyampe dua minggu sudah selesai. Bahkan mereka udah pelan pelan satu satu ujian proposal. Aku masih ngurus sk :")

Admin jurusan di follow up hampir setiap minggu. Tapi jawabannya kalau ga masih proses ya ga dijawab :"). Chat aing cuma di read dan selalu diabaikan. Ngadu ke kaprodi sekaligus PA jawabannya sama : sabar ya. Sementara aku selalu dibilang buat sabar, sk temen aing tiba-tiba udah keluar. Padahal duluan aku yang submit :") aku sampai suuzhon, ini admin ada dendam sama w atau gimana sih. SK yang belum turun bikin aku juga ga bisa ketemu dosen buat bimbingan. Karena syarat bimbingan ya harus punya sk. 

Ini sempet bikin aku panik dan lumayan stress. Semester 7 hampir habis, tapi skripsiku bentuknya aja belum ada. Ga akan mungkin terkejar target lagi. Semua rencana buyar. Hilang ga bersisa. Yang bikin tambah stress adalah karena aku kan anak gap year. Kuliah udah telat masa lulus juga ? :") sedih banget ga sih. 

Yaah well
Mau bagaimana lagi
Mungkin emang begini kehidupan berjalan
Semua rencana bisa aja diatur dengan indah dan sempurna, tapi hidup punya rencananya sendiri
Kadang emang ada hal yang ga bisa diselesaikan dengan jawaban
Tapi cuma butuh kesabaran

Komentar

  1. Semangat...
    Berusaha dan berjuang akan lebih baik.. Berharap dengan doa² insyaAllah bisa.. 😬😬

    BalasHapus
  2. Semangatttt45 🌼
    Bersabarlah dan kuatkan kesabaran~

    BalasHapus
  3. Berkaca dari instansi yang good-good, mungkin biar SK nya cepat turun mesti dikasih pelicin alias haipuR #eeh wkwkwk
    Keep spirit buat mbaknya. Tetap gangguin bapak admin jurusannya buat 'ngeruanke' SK itu, layaknya cewek posesif terhadap pacarnya πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat, Ais...
      Semoga si admin nyo baca tulizan ini πŸ˜€πŸ™

      Hapus
  4. Iyah benar rencana yang kita anggap baik tidak selalu baik dari sang perencana oleh karena itu Bersabar dan positif thinking lah yang harus selalu menemani untuk menjadi penyejuk hati juga diri...Semangat yah mbakku Bisa bisa

    BalasHapus
  5. aku semester 9 dan skripsi blm jelas T_T

    BalasHapus
  6. Keep strong, Semua rencana bisa aja diatur dengan indah dan sempurna, tapi hidup punya rencananya sendiri

    BalasHapus
  7. Hmm. Yg semangat dah dek. Every cloud always has silver lining.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillaah jadinya ada Bahan yang bisa diceritakan di blog ya, semangat, everyone has their own problem dek, yakin pasti ada jalan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Januari

Jelajah #1 : Tarakan, Kalimatan Utara. (Pengalaman Debat Nasional Pertama)

Pesan Tidak Sampai