Nikmat yang (kadang) Tidak Dianggap Nikmat

Beberapa hari ini puas banget bisa menertawakan banyak hal receh. Mulai dari kelakuan seorang adik tingkat yang dibilang mirip banget sama Ryan D'Masiv hingga dia niat banget ngerecord suaranya dan dikirim ke grup. Terus kelakuan seorang kakak tingkat yang nge-cosplay stiker watsap. Hal-hal receh yang sungguh bisa bikin aku ketawa lepas. Mungkin juga efek deadline yangg hampir ga ada lagi jadi bisa lebih santuy. Rebahan sambil buka yutub, webtun, bales chat sampe tidur pulas. Nikmat banget yak waktu kosong begini.

Setelah banyak hal receh yang bikin bahagia, aku akhirnya sadar kalau ternyata aku tuh dikelilingi manusia-manusia aneh dan receh. Bahkan seorang adik tingkat lain yang ku kira paling normal sekalipun ternyata receh juga haha. Sampai akhirnya seorang teman bilang kalau setiap orang tuh emang punya sisi abnormalnya masing-masing tapi mereka ga nunjukin aja kecuali ke orang-orang yang dianggap deket. Tiba-tiba, seperti disadari kalau aku tuh punya satu nikmat kecil tapi rasanya banyak sekali membawa dampak besar. Nikmat memiliki teman baik. Hal-hal aneh dan receh yang ku liat dari orang-orang disekitarku berarti karena mereka menganggap aku dekat. Menganggap aku bukan orang asing.

Keinget omongan Mba Len dulu "Kalau kita berusaha jadi baik, Insya Allah dek Allah akan kelilingi kita dengan orang-orang baik",

Sampai hari ini pun aku merasa aku bukan orang baik, tapi Allah baik banget dengan mengirimkan banyak orang baik dihidupku. Teman-teman yang aneh tadi pada dasarnya adalah juga teman-teman baik. Selalu support kamu, dengerin celoteh ga penting, nemenin makan kapan aja, bantuin bikin tugas, yang catatannya bisa kamu fotokopi, kamu cari kalau lagi sedih, menyediakan atap kosan atau rumah saat kamu ga bisa pulang, alamatnya bisa dipinjem buat paketan online shop karena kamu mau motong ongkir, yang ga membuat kamu merasa konyol dengan pertanyaan apapun hingga hal besar semisal tempat kamu diskusi tentang kehidupan, tempat kamu menyetor hafalan Al-Quran hingga mengingatkan kamu kalau kamu udah melenceng dari jalur seharusnya.

Ditambah lagi, mereka ini juga orang-orang keren di bidangnya masing-masing. Ada petinggi BEM Fakultas hingga BEM Kampus, IPK sempurna, mahasiswa yang sering jadi pemateri dimana-mana, blogger yang tulisannya kece badai, penerima beasiswa prestisius, para orang penting di lembaga dakwah kampus atau fakultas, hafidz atau hafidzah, mahasiswa yang memilih tinggal dirumah agar bakti pada orang tua lebih maksimal dibandingkan menyibukkan diri di kampus, anak keilmiahan yang jago banget nulis, teman yang rajinnya ga ketulungan, dan lain sebagainya.

Mungkin karena aku adalah orang yang amat tertutup, ansos, dan ga pernah dilingkungan keren begini jadinya hal ini ajaib banget. Allah kasih lingkungan sebaik dan sekondusif ini. Ini doa aku yang mana ya yang Allah kabulkan? atau jangan-jangan ini doa mereka juga yang doain aku, jadinya aku punya nikmat sebesar ini.

Makin merasa kecil sebagai hambanya Allah. Makin merasa bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Kalau Allah ga ngasih nikmat teman-teman yang baik ini, apa iya aku ada di posisi sekarang?

Lebih lebih, lingkaran ini sebenarnya sempit. Kalau kamu ga kenal A kamu ga akan tau B. Kemudian lewat B kamu bakalan kenal C yang juga temen A. Cara kerja dunia yang mirip banget algoritma instagram atau yutub. Hanya mendekatkan hal-hal yang satu frekuensi sama kamu. Hanya mendekatkan hal-hal yang satu tema dengan yang sering kamu lakukan. Kalau frekuensinya kebaikan, maka yang bakalan dateng juga yang baik-baik. Kecil banget yah dunia ini. Sempit. Dan diantara sempitnya dunia ini Allah malah ngasih aku berlipat-lipat nikmat. Satu teman baik mengantarkan aku pada banyak kebaikan, lah ini Allah malah ngasih puluhan dong temen baik.

Duh, ini nikmat yang kadang ga dirasakan sebagai nikmat.
Padahal Allah dah berkali-kali bilang :

"Maka nikmat Tuhanmu yang Manakah yang kamu dustakan?"

Komentar

  1. Beruntung banget aku kenal kalian hehe.

    BalasHapus
  2. Lagi dan lagi, Allah maha baik ya. Yang awalnya mungkin gak pernah kepikiran bakal kenal dengan si A misal, eh tau tau ada aja "something" yang bikin perkenalan itu muncul ke permukaan. Lagi dan Lagi, ini adalah nikmatNya yang luar biasa. Manusia itu pelupa, makanya suka gak inget gituu :" Lupa kalai Allah kasih banyak banget "reward" dalam kehidupan, namun tak jarang manusia baru menyadari pemberian itu saat ia dapat "punishment" dalam hidupnya (read : masalah, sakit, kehilangan dsb). Btw, so happy bisa kenal sama Mbak ๐Ÿ’

    BalasHapus
  3. Sebagai orang yang agak terpaksa berteman dan berdamai sama adek. Untuk tulisan ini. Dan untuk kali ini (yang mana tentu sangat jarang) sepakatnya. Kakak sepakat dek. Kita emang bakalan dekat sama orang-orang yang sefrekuensi sama kita. Jahat sama jahatnya. Begitupun pula baik sama baiknya.

    BalasHapus
  4. Masya Allah ya mba ais nikmat kecil kek gini, semoga selalu di keliling oleh orang baik yah. Hihi receh bangey sama cosplay sticker yg dikirim grup kmren๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  5. Ternyata Ais adalah orang aneh, yaa wkwkwkk

    BalasHapus
  6. Masyaallah aish, mba juga pernah kayak aish, ansos banget dulunya eh terus pas mencoba untuk belajar menjadi orang baik, Allah tiba tiba kirimkan banyak sekali manusia manusia baik yang secara sadar ataupun tidak telah memaksa mba untuk berubah menjadi lebih baik. Maka sungguh nikmat memperoleh sahabat yang baik adalah salah satu nikmat dari Allah SWT.

    BalasHapus
  7. Masyaallah tulisannya kak

    BalasHapus
  8. mantul mantul, aku bener bener suka sama tulisan yang ini, jadi terasa terapresiasi wkwkw.
    aku yang banyak ambil kebaikan dr ais. semangat terus!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Januari

Jelajah #1 : Tarakan, Kalimatan Utara. (Pengalaman Debat Nasional Pertama)

Orang-orang yang Pernah Hadir