Ngomongin IPK dari Maba hingga Semester Tua

"IPK itu bukan menunjukkan kita pinter atau engga, tapi nunjukkin kita bertanggung jawab ga dengan kuliah kita" - Mas Mas XL Future Leader yang saya lupa namanya

Sebelum ngomongin IPK, nilai, atau deretan angka lainnya yang membuat kita sebagai pelajar atau mahasiswa merasa sia-sia atau sering merasa bodoh jika tidak mencapai standar. Saya ingin bercerita lebih jauh kebelakang tentang bagaimana perjalanan saya memandang nilai.

Dulu semasa sekolah, saya dikenal sebagai siswa yang pinter. Sering juara kelas. Para penunggu bangku depan di kelas yang kalau guru lupa ada pr selalu saya ingatkan haha. Iya. Saya tipe anak kesayangan guru tapi menyebalkan bagi teman sekelas. Caper kata mereka. Mentang mentang pinter. Saya sih bodo amat. Lah saya merasa benar kok. Singkatnya, saya adalah orang yang amat perfeksionis urusan nilai. Pernah sekali saya nangis karena ga dapet nilai sempurna padahal nilai saya udah paling tinggi sekelas dan satu satunya ga remedial wkwk parah banget dah. Saya selalu bertengger di juara pertama, bahkan saat saya turun ke peringkat 2 saya nangis kejer gitu. Ga rela. Marah-marah.

Meskipun katanya pinter, tapi saya adalah orang dengan tipe fixed mindset waktu itu. Menganggap kalau orang pinter itu ya bawaan. Pinter karena dia pinter. Saya mulai malas belajar. Toh tanpa belajar nilai saya juga tetep bagus (dan terbukti emang masih bagus). Saya mulai jadi meremehkan orang. Apalagi kalau liat temen yang rajin dan rapi banget. Saya suka mencibir. Yaelah. Masih bagusan juga gw juga nilainya. Saya juga jadi sangat terjebak dengan zona nyaman. Tidak mau mencoba hal baru karena saya ga suka berada di posisi dimana saya terlihat bodoh. Padahal, seringkali, saat merasa bodoh lah kita bisa belajar lebih banyak. Saya adalah kura-kura yang terjebak di tempurung dan merasa dunia hanya sebesar tempurung itu. Puncaknya mungkin saat kelas XI, saya makin bandel. Belajar bolos. Tidur di uks. Makin males bikin pr. Duh. Parah banget lah ya. Tolong jangan ditiru.

Satu waktu, ketika kelas X, guru saya pernah bicara begini di depan kelas :

"Kalian sekarang merasa paling pinter, ngatain orang bodoh mau, tapi dikatain bodoh ga mau. Nanti. Suatu hari kalian akan merasa jadi orang paling bodoh di dunia. Saat kalian lulus sekolah, kuliah ga bisa, kerja ga diterima, saat itulah kalian akan merasa menjadi manusia paling bodoh"

Selepas kelas 12, kalimat beliau persis terjadi di hidup saya. Kuliah yang gagal. Pekerjaan yang ga kunjung saya dapatkan. Saya jadi pengangguran berbulan-bulan. Nilai-nilai saya yang mengagumkan itu ternyata ga membantu banyak. Ijazah saya hanya ditumpuk dan menjadi arsip bagi banyak perusahaan. Mereka ga butuh nilai saya. Banyak yang punya nilai tinggi seperti saya bahkan ada yang jauh lebih tinggi. Nilai saya hanya sekumpulan angka yang ternyata tidak membawa saya kemana-mana waktu itu.

Ditengah kehidupan yang mulai tidak terasa menyenangkan dan tidak terlihat sederhana lagi, pelan-pelan pemahaman saya berubah... Pertemuan dengan zenius juga proses pendewasaan mulai mempengaruhi cara saya memandang ilmu atau pendidikan secara lebih luas lagi. Ilmu terlalu berharga untuk sekedar hargai dengan sekumpulan angka (atau huruf di ipk).

Ilmu lah yang menjadikan kita manusia sekaligus membuat kita memperlakukan manusia lain sebagai manusia juga. Ilmu adalah tools yang kita pake buat melanjutkan kehidupan dan merawat bumi yang sedang kita tinggali. Proses belajar yang benar bakalan ngaruh ke proses berfikir yang pada akhirnya mempengaruhi cara berperilaku. Bikin kita akhirnya bisa bedain mana yang bener dan salah. Makanya kemudian, belajar menjadi satu kewajiban. Belajarnya yang wajib, bukan "pinter"-nya. Itu mah cuma efek yang diharapkan setelah belajar. Nilai? Lebih cetek lagi maknanya. Tapi kalau proses belajarnya udah bener, maka bisa dipastikan juga nilainya bakalan oke

Ditarik lebih dasar lagi, belajar dan berilmu adalah bentuk penghargaan kita kepada diri kita sendiri. Kita punya kewajiban kepada diri kita buat merawat diri, which means ga cuma secara fisik tapi juga secara akal. Kalau kita sebagai muslim sih lebih terang benderang lagi. Dzalim sama diri sendiri itu dosa. Makanya kita dilarang makan makanan haram karena itu bentuk kedzaliman sama tubuh. Jangankan yang haram, yang halal tapi ga baik aja ga boleh (misal : nasi basi, telur busuk, dll). Kemalasan dalam belajar dan keengganan mengupayakan ilmu adalah bentuk dzalim pada akal. Dosa? Ya iya. Punya akal tapi ga dipake, jadi apa bedanya kita sama nyemot di kebun binatang sana?

Tapi kadang, kita manusia sulit melakukan sesuatu kalau kita ga merasa mendapat manfaat dari sesuatu. Buat apa pinter disekolah kalau ujung-ujungnya cuma jadi mba mba kasir minimarket, nelayan, petani, atau jadi buruh yang kerjanya pake otot bukan otak. Buat apa belajar aljabar, kalkulus, triginometri dll toh ga kepake di kehidupan sehari-hari. Lagi, semua ini tentang proses berfikir, aljabar, kalkulus, trigonometri mungkin ga secara langsung terpakai di kehidupan sehari-sehari. Tapi dia ngaruh ke otak, ngaruh ke proses berfikir kita, dan ujung-ujungnya ngaruh ke cara kita membuat kesimpulan dan decision making. Makanya informasi bisa equal, kecerdasan tetep ga bisa equal. Kita boleh sama-sama tau udara lebih penting buat kehidupan manusia dibandingkan sinyal wifi. Tapi berapa banyak yang beneran berpikir untuk ngerawat lingkungan dan pohon? Coba pohon bisa menghasilkan sinyal wifi yang kenceng, mungkin ga ada yang mager buat nanem bibit pohon depan rumah. Kerjaan apapun, pasti butuh kecerdasaan. Nelayan butuh kecerdasan biar pas nangkep ikan ga harus ngerusak ekosistem. Mba mba kasir butuh kecerdasan biar ga sekedar jadi kuli korporasi yang dimanfaatkan company tanpa kompensasi sesuai.

Filosofis itulah yang berusaha saya bawa saat saya ngajar atau saat kerja apapun profesi saya saat itu. Bahkan saat saya kuliah, saya milih jurusan cuma karena saya suka dengan apa yang akan saya pelajari.  Udah. Tapi namanya telat mikir, jadinya ya sering lupa juga. Sering bablas kalau ga diingatkan. Pemahaman pemahaman tadi juga serta merta bikin proses belajar jadi seru dan menyenangkan. Tetep bikin capek dan menyebalkan juga. Tapi karena pemahaman tadi, saya tetap jadi punya energi untuk terus belajar.

Nah berikutnya mari bahas ipk wkwk
Sungguh sebuah prolog yang sangat kepanjangan dan kemana-mana.

Di semester pertama kuliah, seperti maba lainnya saya menargetkan punya ipk sempurna. Mumpung masih dibawah. Ditambah denger dari kakak tingkat atau dosen yang sering bilang kalau semakin tinggi semester maka ipk akan semakin kecil. Jadi usahakan tinggi di awal. Oke. Satu satunya yang saya kerjakan ketika maba adalah belajar. Meski rasanya hambar wkwk. Ekspektasi saya tentang dunia kampus amat berbeda dengan apa yang saya dapatkan. Kecewa dan kesal. Ditambah insecure karena anak gap year sementara temen-temen saya masih pada muda-muda. Juga, kesulitan saya mencari teman yang nyambung dan bisa diajak ngobrol. Mereka semua tampak sangat anak-anak bagi saya. Saya merasa berada di kelas tk dimana seharusnya saya sudah sma. Semester pertama berjalan sangat flat tanpa hal besar.

Gimana ipk saya semester pertama? Hancur wkwk. Jangankan dapet 4.00, saya punya 3 b, dan satu c. Parah sekali. Baru mulai udah dapet sabit. Gimana semester atas nanti? Sementara temen-teman seangkatan saya malah dengan mudahnya dapet 3,7 ke atas. Bahkan ada dua orang yang sempurna ipknya. Saya kecewa parah. Mau marah tapi ga tau sama siapa. Bahkan temen yang pr-nya selalu saya bantuin nilainya jauh lebih tinggi. Apaaan nih. Kok begini. Padahal selama satu semester ini kan kerjaan aing belajar doang. Saya cukup stress kali itu.

Libur semester ganjil saya pake buat merenung dan berpikir lebih banyak. Perenungan yang buat saya akhirnya mulai melupakan angka-angka itu :

"Udahlah ya bodo amat mau ipk berapa, bodo amat mau diremehkan orang, dianggap bodoh sekalian juga gapapa. Kan katanya mau jadi ekonom mapan, yang penting paham ilmunya dan dapet 24 sks tiap semester biar lulus tepat waktu"

Mantaps.

Semester berikutnya (dua). Saya lebih selo menjalani hidup. Walaupun nyesek juga tiap ditanya ipk. Gimana engga? Yang laen hampir mendekati sempurna, saya jauh dari sempurna. Yaudahlah ya. Saya ga nentuin target berapa ip semester ini. Selain mengubah mindset biar ga terlalu ngejar ipk tapi yang penting paham. Saya juga mulai menjajal beberapa organisasi.   Daftar beberapa sampai akhirnya menemukan satu yang saya pertahankan hingga dua tahun kemudian.

Semester ini mulai agak horror wkwk, saya mendapatkan 2 kelas dosen yang kata kating saya kalau masuk kelasnya auto dapet e. Dosen terkiller se ekonomi. Bahkan di pembukaan kelas, beliau dengan sangat jelas dan tegas mengatakan bahwa kami akan "diinjak-diazab-ditekan-dibunuh" di kelas ini. Beliau juga mengatakan ini hanya pertama kalinya ia mendapat hampir 40 mahasiswa, padahal biasanya tidak lebih dari sepuluh. Tugasnya pun gila-gilaan. Sungguh suram. Kalimat-kalimatnya yang sarkas dan membekas diantaranya adalah :

"you are perfectly inelastic"
(maksudnya mau disindir, dimarahi, diazab, tetep tidak berubah)

"you are irrational consumer"
(sudah bayar kuliah mahal-mahal tapi ga mau belajar, bolos. Konsumen mana yang sudah "beli" tapi tidak "mengkonsumsi" apa yang sudah dibelinya?)

"You are really stupid people"
(sudah sangat jelas yang ini wwkk)

"Kalau kau tidak bisa jawab soal ini, terjunlah kau dari ampera"

"Kau ambil upil kau, kau tarok dibuku, sebanyak itulah yang menjawab benar soal saya"

"soal macam ini... seupil yang menjawab"

"Keindahan coy"
(saat kami bikin grafik, kurva, tabel dan belum masuk standar bagus)

"ini teori apa ini? Moncong Putih Theorem?"

Dan masih banyak lagi
Kelak, hampir dari kami semua yang pernah ada dikelasnya, di semester semester berikutnya tetap akan mengambil kelas beliau, bahkan hingga semester akhir. Kalimat-kalimat beliau yang dulunya membuat kami takut, justru akan menjadi lecutan semangat.

Kami yang setengah mati menahan tawa atas jokes beliau karena ketakutan, di kemudian hari akan tertawa bebas bersama. Kalimat-kalimatnya yang sarkas justru menjadi ciri khas yang sering ditunggu. Di akhir, everybody loves him.

Semester 2 yang mulai diisi kesibukan organisasi dan dua kelas yang katanya auto e itu sudah membuat saya semakin tidak tertarik mengejar ip tinggi. Kami juga diperintahkan survey konsumsi rumah tangga ke lapangan untuk mata kuliah statistik (dimana diampu oleh dosen kesayangan tadi). Cukup melelahkan. Semester inilah yang kemudian membuat saya mencari banyak tumpangan kosan teman sebagai tempat menginap wkwk


Kemudian keajaiban terjadi,
IPK yang tidak lagi menjadi prioritas utama justru melesat di semester ini. Hasil akhir semester 2 saya menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. IP semester 2 saya nyaris sempurna, hanya meleset satu mata kuliah dengan nilai B.
Entah. Doa yang mana. Usaha yang mana. Padahal saya lebih sibuk, padahal saya tidak menargetkan apa-apa selain mau sks penuh. Dua kelas yang katanya auto e itu justru dua duanya A. 
I was lucky.
Ah, beruntung itu bahasa manusia, bahasa langitnya adalah nikmat.

Semester berikutnya, semester 3, saya mulai berani memasang target. Meski tidak menargetkan ip sempurna karena saya sadar diri pada dasarnya saya pemalas wkwk. Tidak mungkin orang yang bikin catatan aja males bisa dapet ip sempurna. Tapi saya tetap berusaha meluruskan niat, yang penting paham materinya. Yang wajib itu belajar, bukan nilai yang besar.
Di semester ini saya juga mulai punya pekerjaan. Bekerja sebagai guru honorer salah satu sma. Kesibukan bertambah. Organisasi yang tetap berjalan serta tugas yang kuantitas dan tingkat kesulitannya meningkat juga menguras waktu. Masih melelahkan. Weekend habis buat ngajar. Ngerjain tugas disempatkan kapan saja. Pulang makin sore karena hampir tiap hari harus ke SC (Student Center), mulai sering tidak pulang ke rumah karena kesorean atau kemalaman. Great. 

But, i am still lucky. 
Nilai saya turun, tapi tidak beda jauh. Dua B dari keseluruhan mata kuliah, sisanya A tentu saja wkwk, IPK justru tambah naik. Entah doa yang mana. Entah usaha yang mana. Entah doa baik siapa yang mendoakan saya.

Semester 4, kesibukan saya bertambah lagi. Diamanahkan menjadi salah satu unsur pimpinan di organisasi yang saya ikuti. Masih menjadi guru. Serta mulai mengenal sisi lain yang katanya cuma diisi orang-orang pinter. Keilmiahan. Belajar debat dan kti. Ini dunia yang sangat baru bagi saya. Selama ini saya selalu berada disisi yang berbeda dari lomba-lomba, kompetisi, prestasi, etc. Saya bukan orang yang ambisius atas prestasi. Bukan pula tipe yang kompetitif. Saya lebih cenderung menghindarinya. Ini benar-benar menarik saya keluar dari zona nyaman, dan parahnya.. zona pertama setelah comfort zone adalah fear zone. Zona ketakutan. Saya sungguh takut. Tegang. Takut mengacaukan banyak hal. Takut menjadi sebab gagalnya, kalahnya, jeleknya. Tapi, bukannya kita harus merasakan bagian bagian ga enak ini biar kita tumbuh menjadi manusia yang lebih baik?

Semester 4 adalah dimana saya merasakan lomba pertama, kemenangan pertama, kegagalan pertama, serta merasakan ternyata enak banget yak jadi mahasiswa jalan-jalan gini dibayari wkwk. Dalam satu semester, saya sudah mengunjungi 3 tempat. Bengkulu, Tarakan, dan Surabaya. Sudah terhitung 3 pulau besar di Indonesia pula itu wkwk. 
Waktu-waktu ini, saya mulai belajar banyak, bertumbuh banyak, mengenal lebih banyak orang, juga lelah lelahnya berjuang. Untuk satu event lomba saja, persiapannya bisa berbulan-bulan sebelumnya. Belum lagi ketika mendekati hari h, tidak terhitung berapa sering kami pulang ketika diusir petugas perpus. 

Gimana ip semester ini? Hancur haha. Sama seperti semester 1. Bedanya ga ada sabit a.k.a c. Eh nyaris ada sih, tapi ga tau kenapa tiba-tiba berubah jadi b. Kesibukan ini membuat saya kehabisan energi sehingga tidak sempat belajar. IPK turun jauh. Kecewa? Ga juga sih. Saya sepenuhnya sadar semuanya salah saya. Tugas tidak maksimal. Ujian tidak belajar. Yasudah, ikhlaskan saja. 

Dan setelah yang terjadi satu semester ini, rasanya aku mendapatkan lebih dari sekedar angka-angka. Pengalaman dan pembelajaran yang ga bakalan di dapat di kelas. Tapi tetep tidak bisa dibenarkan, karena seharusnya, saya tetap bertanggung jawab atas kuliah saya.

Semester 5 saya melepaskan pekerjaan. Tidak mungkin lagi menjalankan segalanya bersamaan. Saya mulai belajar mengatur waktu agar tidak pecah fokus. Organisasi, akademik, dan lomba-lomba yang masih dijalankan. Ga banyak berubah meski keliatan semakin ambis katanya wkwk. Satu event lomba untuk satu bulan. Bahkan ada yang 3x dalam sebulan haha.

Kuliah makin berat karena ketemu peminatan. Tugas yang sudah ga nyantai lagi karena udah menjelang akhir. Makin jarang pulang karena selalu kemaleman dan kesorean wkwk

Setidaknya tugas kuliah saya selesai tepat waktu. Amanah di organisasi tetap berjalan dengan baik. Ya, cukup melegakan. Lagi-lagi saya tidak memasang target sempurna karena sadar diri wkwk. Yang penting, ga perlu ngulang biar tahun depan bisa skripsi.

Hasilnya, 3 b dari keseluruhan mata kuliah, sisanya masih A wkwk. IPK bergerak sedikit keatas. Lumayan. Lebih dari puas karena apa yang saya dapat di semester ini juga lebih banyak dari apa yang ditunjukkan di kertas hasil studi. Pengalaman. Teman-teman yang baik. Kesempatan mengunjungi tempat yang keren keren. 

Semester 6, atau semester terakhir dengan sks penuh adalah yang paling melelahkan. Tidak tau lagi bagian mana yang bisa dinikmati. Tugas kuliah bukan lagi review jurnal, tapi bikin jurnal. Setiap mata kuliah meminta paper dengan olahan data lengkap sebagai pengganti ujian atau bahkan sekedar tugas. Semakin lelah dan semakin kehilangan jam tidur wkwk. Klimaksnya pandemi melanda sehingga meyebabkan kuliah dipercepat serta dialihkan ke online. 

Kuliah online berarti kuliah 24 jam. Tugas bisa dateng kapan aja dan dikumpul secepatnya. Amanah baru di organisasi lain. Kompetisi yang masih terus berjalan karena harus regenarasi adek tingkat. Bahkan capek banget karena pernah ada 3 lomba dalam 2 minggu.

Ga ada lagi lah target ipk. Semakin jauh. Hanya memastikan tidak ada yang perlu diulang sehingga semester depan skripsi sudah bisa diolah. Udahlah pasrah. Bahkan sempet ngitung dengan skenario terburuk, ipk tetep masih dalam batas aman. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Hasilnya? Melampaui ekspektasi meski akhirnya tetap merasa biasa aja wkwk.


Begitulah perjalanan ipk saya yang kayak roller coaster. Sungguh amat tidak sempurna. Banyak khilafny. Banyak banget malesnya.

Saya cuma mau bilang sih, gapapalah tjoy ipk tuh ga sempurna. Gapapa kalau ga pernah ngerasain ip 4 selama kuliah. Biarin dah biarin. Biarin temenmu yang dapet satu b kayak dunia mau kiamat. Biarin mereka yang a nya berderet sementara kita sabit malah berderet. Jangan jadiin orang lain sebagai standar dan jangan mengikuti standar orang lain. Terima ketidaksempurnaan kita sebagai manusia tanpa harus merendahkan diri dihadapan orang lain.
Do your best aja. IPK adalah ukuran tanggung jawab, pastikan dia tetep aman menurut standar lamaran kerja atau syarat beasiswa S2. Kalau jelek berarti ga bertanggung jawab? Ya coba tanya dirimu sendiri, ngapain aja selama ini?

Jangan jadiin ukuran angka ini sebagai segalanya. Apalagi sampe ngemis ngemis sama dosen buat ganti nilai. Ikhlasin aja. Kalau udah berusaha dan hasilnya tetep segitu yaudah. Mau gimana lagi. Hidup ga sempurna dan emang ga harus sempurna. Rencanamu ga harus selalu berhasil. Targetmu ga harus selalu terwujud. Kita sedang menghargai diri kita dengan proses belajar. Kalau prosesmu udah bener tapi hasil belum maksimal, mungkin ada nikmat lain dibalik itu. Mari lupakan sakit hati, sambil mengusahakannya lagi di semester depan nanti.

Karena lagi-lagi, ilmu itu harusnya bikin kita makin menjadi manusia yang memanusiakan manusia, mengubah sikap, pola pikir, perilaku, juga cara kita memandang sesuatu. Kalau deretan a di kartu hasil studimu justru  ga mengubah apa-apa, sesungguhnya kamu ga pernah dapet apa-apa. Tapi kalau sudah berilmu, harusnya nilai juga mengikuti.

Mengutip kalimat dosen saya :
"Suatu benda akan makin tinggi nilainya seiring dengan semakin banyak manfaat yang diberikan. Laptop makin mahal kalau makin banyak manfaatnya. Smartphone lebih mahal dari handphone biasa karena bisa memberikan manfaat yang lebih besar. Kalau kamu dapet a, tapi kamu ga ngasih manfaat apa-apa artinya kamu ga bernilai"

Komentar

  1. Keren. Ngena banget, bahasanya mudah dicerna. Ya, dosen killer sebenernya gak se-serem kata orang. Masalah ipk saya setuju, semua tentang tanggung jawab.

    BalasHapus
  2. MasyaAllah makasih mbak, keren deh🥰 smngat mbak semester atas wkwk

    BalasHapus
  3. Tulisannya bikin jleb banget loh Mbak :) kalau bahas IPK ini gak akan ada habisnya. Pasti panjang. Karena masing-masing punya persepsi tersendiri dan ya pasti ada reason tersendiri. Terlepas dari itu, apapun hasil yg diraih, mesti disyukuri aja. Udah berlalu juga hehe. Semangat menuju semester tuaa. Semoga dilancarkan segala sesuatunya ya Mbak :)

    BalasHapus
  4. Ntah kenapa aku merasa bangga udah punya tiga bulan sabit. Rasanya, sabit-sabit itulah yang menjadi bukti perjalanan hidup. Ya, walau semester depan mau diulangin😂

    Ceritanya keren, pengen ah ntar nulis tentang ipk macem ais dan rena hehe

    BalasHapus
  5. Saya selalu bertengger di juara pertama, bahkan saat saya turun ke peringkat 2 saya nangis kejer gitu. Ga rela..

    Lah, aku SMA hampir selalu dapat peringkat 30an apa kabar wkwkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Januari

Jelajah #1 : Tarakan, Kalimatan Utara. (Pengalaman Debat Nasional Pertama)

Orang-orang yang Pernah Hadir