The New Normal of Lebaran

*versi saia

Lebaran tahun ini.... biasa aja. Biasa aja mungkin karena akhirnya kita paham bahwa "cukup" tuh ya cukup. Tanpa baju baru. Ga ada kue kue yang terlalu banyak. Berbagai jenis masakan yang dihangatin berhari-hari. Juga hebohnya ibu bersihin rumah kayak orang mau hajatan, yang ujung-ujungnya tetep neriakin saya yang lagi baca buku atau main game buat bantuin dia. Dan yang paling penting adalah, saya ga diusir dari rumah pas hari h lebaran karena disuruh main. Cuma dibilang "terserah".

Daerah saya sebenarnya masih zona hijau. Masih alhamdulillah aman-aman aja dari pandemi. Tapi.. deket banget sama dua redzone. Prabumulih dan Palembang. Meskipun udah dibilang jangan mudik, perantau yang emang paling banyak dari daerah itu tetep aja ngeyel. Balik semua. Bikin saya dan keluarga agak waspada.

Sebenarnya bagi saya pribadi, lebaran ini ya sama aja dari tahun sebelumnya. Ga ada yang terlalu beda. Mungkin yang sedikit beda adalah ibu yang lebih selo. Ga lebay dengan bikin banyak masakan. Meskipun tiap tahun juga saya bilangin, buat apa sih bu masak banyak-banyak. Anaknya ini introvert yang cenderung ansos, nyaris ga punya temen wkwk. Yang dateng kerumah kalau lebaran ya tetangga deket atau ya murid muridnya bapak. Temen saya? Nyaris ga ada wkwk. Saya nya pun kadang harus diusir dulu biar keluar rumah.

Sebenarnya ke-ansos-an saya pun ada alasan. Saya udah ngerantau sejak sma. Temen-temen smp saya nikah pada saat saya sma. Temen-temen sma nikah pas saya kuliah. Sudah beda dunia sejak lama. Obrolan udah ga nyambung. Mereka pun gaulnya udah sama emak-emak. Mau main kerumahnya ada rasa sungkan karena udah bersuami. Udah beneran ga bisa lagi saya nyari topik percakapan ke mereka. Dulu ada sih beberapa yang masih temenan, karena mereka juga masih lanjut sekolah. Masih bisa ngobrolin perkara ekskul atau pr matematika atau naksirin kakak kelas kece di sekolah masing-masing.
Sekarang? Hampir semua udah pada nikah dan punya anak. Ada lagi yang anaknya udah dua. Ya saya mau gimana. Mau main ke tempat siapa lagi :(

Sisanya yang ga beneran seumuran, lebih muda atau tua beberapa tahun dari saya sebenarnya sih masih lumayan banyak. Hanya saja, saya juga ga nyambung ngobrol sama mereka. Mereka suka ngumpul atau nongkrong di satu tempat, cewek cowok, rame banget. Dulu beberapa kali saya ikut, mencoba masuk. Tapi euy, yang dibahas ya perihal pacaran, anak kampung sebelah yang cakep, jokes yang menurut saya ga lucu atau ya ada yang lagi pdkt. Biasanya mereka juga suka jalan jalan ke kampung sebelah buat apa entahlah. Main doang kali. Atau nyari pacar. Duh jomblo akut kek saya ya mana tertarik sama hal beginian. Ditambah lagi, entah kenapa kok saya rasa mereka takut sama saya. Jadi saya sering ga bisa relate tuh sama orang-orang yang kalau lebaran bisa ngumpul rame rame bareng temen. Lah saya temen aja disini ga punya wkwk.

Jadilah begini lebaran tiap tahun, sepi. Ibu yang mungkin ga paham kondisinya suka marah-marah liat saya pas lebaran malah nonton tipi atau main game. Tapi tahun ini engga wkwk saya ga diusir dari rumah. Pandemi ini ada gunanya juga. Karena disuruh main padahal saya ga tau harus main ke mana itu nyebelin.

Sebenarnya saya sama temen temen lama yang udah pada nikah itu juga ga beneran ilang, tetep silaturahmi, tetep saling tegur dan saling tanya kabar. Tapi emang udah ga bisa deket lagi aja.

Pertanyaan khas "kapan" yang katanya adalah luka dibalik tawa pada setiap lebaran juga hampir ga pernah saya rasain. Wkwk flat banget yak hidup gw. Waktu sma ya ditanyain nilai rapor. Waktu lulus ditanyain kerja dimana. Pas kuliah ya ditanyain sih kapan lulus, tapi karena emang belum waktunya lulus jadi emang sayanya selo aja. Kapan nikah? Itu sih pertanyaan nenek nenek sebelah rumah yang tiap saya maen selalu nanyain pacar saya. Tapi tampaknya beliau juga paham banget. Ni anak terlalu suka sekolah. Ga akan nikah dalam waktu dekat. Karena berikutnya, beliau juga akan bilang ke saya : "Kamu abis kuliah kerja dulu kan ya? Nyari banyak duit, bantuin orang tua, baru nikah"

Ya gitu gitu. Lebaran yang biasa dan sama aja kayak tahun sebelumnya. Lebaran yang ketika tengah hari saya udah dirumah lagi karena cuma main ke tetangga dekat dan beberapa keluarga besar yang kebetulan satu kampung. Lebaran yang habis zuhur saya udah ganti baju rumahan dan nonton tivi, terus tidur sampai sore. Sedih? Ga juga sih wkwk. Udah biasa. Udah dialami selama sekitar 6-7 tahunan ini. Udah jadi The New Normal bagi saya bahkan jauh sebelum pandemi ini.

Apakah ini akan berlangsung selamanya? Ya enggaklah. Saya masih percaya satu waktu saya akan seheboh ibu ketika lebaran. Sibuk bersihin rumah dan memasak masakan enak yang berasal dari tangan saya sendiri. Menyiapkan pakaian terbaik. Dan sebagainya. Kapan? Saat seseorang yang disebut "kamu" akhirnya ditemukan.

Eaak.
Udah ya
Taqaballahu minna wa minkum
Maaf lahir batin semua.

Komentar

  1. Lari ke gunung aja.. Biar gak ditanya 'kapan?' :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu rencanaku yang belum terealisasi loh bal :""

      Hapus
  2. minna wa minkum taqobal ya kariim.
    kurang lebih aku sm ky ais, suka susah nyambung sm obrolan temen2 kampung.
    tapi jngan sampe ansos bgt. klo cowo sih enak, cari aja hobi, maen bola, atau main game, itu yg buat obrolan nyambung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalai cewek ngapain ya? Ikut masak masak bareng mungkin wkwk

      Hapus
  3. Ya ampun ini mah macem aku banget. Udah merantau sejak SMA juga. Temen SMP malah udah banyak yang nikah. Atau merantau ke negeri seberang. Punya temen yang sering keliling kampung kalo lebaran, rumahnya persis di dpn rumah saya. Eh dianya udah nikah, dan udah punya dedek gemes. Ya gimana, beginilah nasibnya. Sama, beruntung tahun ini gak disuruh pergi jalan-jalan keluar😂🤣

    BalasHapus
  4. Mirip sih kayak kisahku saat lebaran wkwk dari dulu dikit banget yang main kerumah. Teman SD, beda kecamatan. Teman smp, gak dekat. Teman sma apalagi. Nan jauh di sana. Tapi gapapa, masih banyak sanak keluarga yang mampir wkwk eh tapi, aku hampir gak pernah sih ditanya perihal nikah. Disiunggung ttg cowok aja gak pernah. Paling pertanyaannya seputar kapan lulus, terus dinasehatin gitu :" keknya kerabat dah paham sih kalo dari kecil aja aku mandep di rumah aja dan gak banyak bergaul sama teman2 apalagi sama cowok hufff

    Mohon maaf lahir dan batin ya Mbakkk ☺

    BalasHapus
  5. Dari komentar yang kubaca, banyak dari kalian yg memilki sifat mengarah ke ansos yaa wkkwkw

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Januari

Jelajah #1 : Tarakan, Kalimatan Utara. (Pengalaman Debat Nasional Pertama)

Orang-orang yang Pernah Hadir