Just Babbling (3) : Mendengar dan Didengar

Habis baca berita Maudy Ayunda sama (yang diasumsikan) pacarnya berantem yang memenuhi twitter beberapa waktu lalu. Saya ga tertarik sih sama siapa pacar barunya ini, lebih tertarik sama topik yang dibahas.

Mereka bertengkar karena masalah klasik sekali : komunikasi. Bahkan orang sepinter mereka berdua katakanlah, tetep punya masalah klise ini. Masalahnya sederhaan banget sih, salah satu pihak merasa topik a menarik, tapi yang lain engga. Ada yang kesal karena merasa tidak didengarkan, ada yang kesal karena lelah mendengarkan topik yang ga disuka. Satu pihak merasa sudah ngasih respon yang baik, tapi satu pihak masih merasa diabaikan. Satunya suka komedi, satunya suka bahas sejarah. Topik yang menarik bagi salah satu pihak, bisa jadi amat tidak menarik bagi yang lain. Karena kejadian yang keliatan kecil dan sepele begini akhirnya bertumpuk-tumpuk, maka meledaklah pertengkaran itu.

Topik pertengkaran mereka ini menarik sih bagi saya pribadi. Mungkin karena saya pernah merasa diposisi itu ahah. Bukan bertengkar sama pacarnya tapi tentang mendengarkan topik yang ga kita suka. Entah sejak kapan saya jadi tempat curhat semua orang, dari hal receh sampe serius. Udah cukup banyak cerita orang yang saya denger. Dan ya.. ga semuanya menarik. Saya tahu betul capeknya tetap mendengarkan padahal kita ga suka. Saya tahu betul lelahnya tetap merespon dengan normal topik yang sangat membosankan. Ya emang saya ga bisa marah sih, lah kan saya sendiri yang tetap menyediakan telinga bagi mereka.

Saya juga tau rasanya ditinggalkan. Ketika kita pengen banget bahas topik yang menurut kita penting banget eh tapi malah ga didengerin. Atau didengerin tapi responnya seadanya. Atau malah ditertawakan padahal kitanya lagi sedih. Makanya, sekesal-kesalnya saya… saya tetap berusaha mendengarkan orang lain. Meski lelah, meski capek, meski bosen… saya tetap mendengar karena saya tau ga enaknya ga punya tempat cerita. Ga enaknya menyimpan masalah sendiri tanpa ada yang mau dengerin.

Hal ini juga kayaknya dialami oleh banyak orang sih. Sering banget nemuin temen yang obrolannya sungguh tidak penting tapi dia tetep ngoceh terus atau saat kita merasa suatu topik menarik banget sampai kita sangat bersemangat untuk bercerita eh tapi lawan bicara malah ogah-ogahan dengerinnya kan kzl. Kalau temen biasa mah, kita biasanya sih akan  bodo amat dengerin. Atau bodo amat juga kalau ga didengerin. Ga nyesek-nyesek amat. Tapi kalau orang spesial, beda cerita yakan.

Karena ada seseorang yang berstatus “pacar” (atau pasangan) kita jadi berekspektasi lebih kalau orang ini akan mau meluangkan waktu dan telinganya buat dengerin kita. Karena.... mereka spesial. Makanya ketika itu ga tercapai, kecewanya jadi dalam. Kalau kejadian ini berulang dalam jangka waktu yang cukup lama, lubangnya pun jadi makin dalam.

Well, bener juga kata temen saya, kalau jomblo mah enak, kita bisa memilih membahas banyak topik ke banyak orang. Ohh kalau si a enaknya diajak bahas makanan, oh kalau rekomendasi buku bagus ke si b aja, si c asyik nih diajak bahas film, dll. Kita jadi bisa trial and error temen temen cerita kita. Bukan berarti kalau punya pasangan ga bisa ya, tapi kita jadi beda prioritas dan menggantungkan harapan pada seseorang.

*padahal patah hati paling disengaja ya berharap sama manusia ya

Jadi mikir juga, pertengkaran begini bisa juga terjadi di dalam hubungan yang lebih serius a.k.a pernikahan. Bisa banget berantem cuma karna ini doang. Perlu baca men from mars, women from venus sama love language ga nih? Biar sepaham dan sejalan wkwk


Ah tapi mungkin yang paling pas adalah nasehat mbak apik : sederhanakan ekspektasi. 

Yap.

Eh btw ngomongin apa sih ini?

Au ah. Pen ngoceh aja.

Komentar

  1. Pertengkaran Maudy menjadi menarik bagi netizen krn mereka menggunakan bahasa inggris dan banyak netizen tak faham apa yang dibicarakan wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Kalo di Indo ada film mars vs venus wkkw, emang cewek sama cowok suka berantem karna beda pola pikir. Tapi tetep, cewek mana ada salahnya🤣

    BalasHapus
  3. Klise sih 'komunikasi'..

    Tapi, yah komunikasi emang sumber masalah bagi siapapun.. Bukan cuma pada hubungan sepasang insan..

    *Ahaha.. Cak paham nian itu kau nih ball..😂

    BalasHapus
  4. Mendengar dan didengar.
    kayaknya kalau kita mau didengar ya harus bisa mendengar

    BalasHapus
  5. just babbling itu apa ya artinya,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain cuman aku doang yang gak tau artinya🤣

      Hapus
  6. Menurutku memang komunikasi ini penting. Ya sebelum ngomongin orang, balik-balik ke diri sendiri dulu. Mau didengarkan, eh sedangkan kita sendiri gak mau mendengarkan kan repot.

    Kadang minta didengarkan, yang mendengarkan malah tak satu frekuensi dengan kita. Dan begitu juga sebaliknya.

    Rasanya langka dan agaknya mustahil mencari manusia yang persis dengan diri kita. Misalnya yang suka baca sejarah, sukanya nonton film horor, sukanya nulis di blog, suka minum teh, eh bukannya gak asik kalo hidup semuanya serba sama? Balik lagi dengan keanekaragaman yang ada membuat hidup punya banyak warna (eaaaa)😂

    BalasHapus
  7. Mendengarkan sebelum didengarkan ✨

    BalasHapus
  8. Yaa namanya komunikasi. Perlu skill jg. Meskipun sama pasangan sendiri. Yang baik sih komunikasi 2 arah ya. Ada feedback sekalian. Tp bagusnya sih kalo kita mau di dengar, kita ny dlu harus mendengarkan orang lain.hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Januari

Jelajah #1 : Tarakan, Kalimatan Utara. (Pengalaman Debat Nasional Pertama)

Pesan Tidak Sampai